Ary Prabowo* Kelas Digital dalam kelas modern dengan pembelajaran secara digital secara “one student one chromebook”. Bertujuan mengenalkan dan membiasakan pembelajaran secara digital, dalam menghadapi persaingan dunia digital di masa yang akan datang. Visi dari kelas digital adalah membentuk siswa yang Smart, Religius dan Digitalized. Model kelas ini juga memiliki […]
Salatiga – Sebanyak 30 guru Kendal Handal yang terdiri dari jenjang TK/PAUD, SD dan SMP mengikuti pelatihan Inovasi Pembelajaran Digital yang diselenggrakan oleh Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kendal. 30 peserta itu sendiri diambil dari berbagai unsur penggerak pendidikan di Kendal baik itu Pengajar Paraktik serta Calon Guru Penggerak, Pengelola […]
Rizqi Haryanti, M.Pd.* Membaca gambar menjadi kegiatan yang digemari oleh anak didik TK Dahlia. Program literasi ini dijadwalkan selama 30 menit setiap harinya. Hal ini dilakukan dengan menyediakan pojok baca di setiap ruang kelas yang berisi berbagai buku cerita bergambar. Anak diberikan kebebasan memilih buku yang diinginkan. Anak dengan asyiknya […]
Abdul Mukti, S.Pd., M.Pd.* SMP N 2 Kaliwungu mengembangkan projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dengan mengolah sampah plastik menjadi barang yang bermanfaat, karena sampah plastik menjadi masalah global sehingga perlu penanganan dalam pengolahan dan pengelolaannya. Projek pengolahan sampah plastik bertujuan menjadikan siswa mampu menciptakan barang bekas yang berasal dari […]
Oleh: Zayyinul Firdaus, S.Pd. *) “Refleksi Aksi Nyata Modul 1.1 tentang Filosofi Pendidikan Ki Hadjar Dewantara” Kodrat zaman mengantarkan Pendidikan ke Era yang sama sekali baru. Kebiasaan berubah, metode, cara dan pendekatan turut berubah menyesuaikan perkembangan zaman dan kebutuhan. Menolak perubahan berarti kita tak siap dengan tantangan nyata yang ada […]
Dwi Kartika Rahmawati, S.Pd.* Saya percaya tentang kemampuan dan keunikan yang terdapat pada diri anak didik saya. Keunikan dan kemampuan yang sangat variasi, yang tidak bisa dipaksakan oleh siapapun untuk menjadi seperti yang diinginkan oleh guru. Sebelum saya mempelajari modul 1.1 mengenai Filosofi Ki Hajar Dewantara, saya bersikukuh bisa mendidik […]
Renna Agus Neriyana, S.Pd* Dalam dunia pendidikan semboyan “ing ngarso sung tulodho, ing madya mangun karso, tut wuri handayani ” , Maka sebagai Guru kita adalah seorang contoh bagi anak didik kita, dimana segala tingkah perilaku dan apa yang kita hadapi itu sebagian di contoh oleh beberapa siswa, maka kita […]