Menulis Cerpen dengan Kantong Suara Tematik yang Kontekstual

Oleh Rias Anggun Satriana, S.Pd, Guru di SMP Negeri 2 Brangsong, sekolah mitra program PINTAR Tanoto Foundation. ——————————————————————————————————- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdidkbud) telah menerbitkan Surat Edaran No. 15/2020 tentang pedoman penyelenggaraan belajar dari rumah (BDR) dalam masa darurat. Edaran tersebut menegaskan tujuan dari pelaksanaan BDR. Tujuan tersebut memastikan pemenuhan […]

Surat Keterangan E-Sertifikat Pelatihan Kolaborasi Disdikbud Kendal dengan Tanoto Foundation

Kegiatan pelatihan di tahun 2020 banyak dilakukan secara daring. Untuk menunjang pelatihan tersebut Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal dan Tanoto Foundation mengeluarkan E-Sertifikat sebagai bukti keikutsertaan dan keterlibatan peserta dalam pelatihan dan pendampingan . Untuk menjamin keabsahan E-Sertifikat yang telah dibagikan kepada peserta, disertakan Surat Keterangan dari Kepala Dinas […]

Asah Literasi Anak saat Belajar Di Rumah dengan “Story Jumper”

Oleh Normalia Eka Pratiwi, S.Pd Guru SDN 1 Karangsari Kendal, dan Fasilitator Daerah Program PINTAR Tanoto Foundation. ——————————————————————————————————- Kendal – Tatanan kehidupan berubah drastis sejak mewabah pandemi covid 19 dimulai awal tahun 2020 ini.  Dunia pendidikan pun tak luput terkena dampak. Pembelajaran tatap muka di sekolah terhenti seketika, siswa pun […]

Menjadi Peneliti Kecil Perkembangbiakan Tumbuhan Teknik Stek di Rumah

Oleh: Redi Hermawan, S.Pd. Guru SDN 2 Curugsewu, Patean, Kabupaten Kendal dan sekolah mitra Tanoto Foundation. ———————————————————————————————————- Kendal – Tatanan kehidupan berubah drastis sejak mewabah pandemi covid 19 dimulai awal tahun 2020 ini.  Dunia pendidikan pun tak luput terkena dampak. Pembelajaran tatap muka di sekolah terhenti seketika, siswa pun terpaksa […]

Ecoprint: Belajar Bermakna dengan Daun dan Bunga di Sekitar Rumah

Oleh Alfiyah, S.Pd.SD Guru SDN 3 Curugsewu, Patean, Kendal dan fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation ————————————————————————————————————– Kendal – Belajar dari rumah (BDR) melalui pembelajaran jarak jauh (PJJ) dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa. Pembelajarannya menarik, kreatif, dan efektif tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan […]

Belajar Matematika Realistik dari Dapur Rumah di Masa Pandemi

Oleh Diannita Ayu Kurniasih, S.Pd.SD. Guru SDN 2 Sukorejo Kendal dan fasilitator daerah Program PINTAR Tanoto Foundation ———————————————————————————————————– Banyak cara dilakukan untuk tetap menghadirkan pembelajaran yang bermakna dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran bermakna terjadi ketika pembelajaran menghubungkan pengetahuan dan pengalaman yang telah dimiliki siswa dengan materi yang dipelajari dengan […]

Puzzle Memory: Strategi Literasi Visual dalam Menulis Teks Berita

Oleh. Dra. Ratna Widuri ,Guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Brangsong dan fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation —————————————————————————————————————— Kendal – Pemilihan media, strategi, ataupun teknik pembelajaran yang menarik bagi siswa sangat krusial dalam menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Terlebih lagi di dalam pembelajaran jarak jauh, kreativitas guru sangatlah dibutuhkan. Di masa pandemi […]