Quizziz, Aku dan Ulangan Harianku

Ulangan harian bukanlah kegiatan yang diminati oleh siswa. Ulangan Harian cenderung menjadi momok yang menakutkan oleh sebagian besar siswa. Kristina Wijayanti, guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Boja, merubah mindset tersebut dengan menggunakan media Quizziz untuk menjadikan ulangan harian siswa dalam blended learning menjadi kegiatan yang menarik dan tidak menakutkan.

Dalam pembelajaran Bahasa Inggris, ulangan harian menjadi kegiatan yang cenderung dihindari oleh siswa. Siswa selalu memberikan banyak alasan untuk menolak ulangan harian.

Berbagai alasan siswa sodorkan untuk menunda ulangan harian. Kurangnya semangat dalam melakukan evaluasi pembelajaran membuat nilai yang dihasilkanpun tidak maksimal.

Memanfaatkan gawai yang dibawa siswa selama pelaksanaan blended learning di sekolah, guru berinisiatif memanfaatkan platform Quizziz sebagai siasat jitu membuat alat penilaian yang lebih asyik dan menarik.

Siswa Asyik Mengakses Quizziz

Quizziz dapat dimanfaatkan untuk membuat pertanyaan pilihan ganda dengan empat pilihan jawaban. Aplikasi ini juga memungkinkan guru membuat pertanyaan menggunakan grafik, tabel atau gambar. Bahkan dalam bank soal Quizziz, guru sangat dimudahkan dengan tersedianya soal-soal yang bisa dipilih sesuai dengan topik yang diinginkan.

Tabel Pencapaian Siswa di Quizziz

Dengan gawai dalam genggaman siswa, Quizziz bukanlah platform yang sulit untuk digunakan. Syarat utama penggunaan Quizziz adalah ketersediaan jaringan internet yang memadahi. 

Siswa cukup dengan masuk menggunakan browser mereka dan mendapatkan kode kelas yang dibagikan oleh guru sebagai admin. Quizziz membuat siswa merasa lebih enjoy dalam ulangan harian. 

Melodya Cinta, salah satu siswa kelas 8D SMP Negeri 1 Boja berpendapat bahwa mereka seolah tidak merasa sedang dinilai, namun lebih pada bermain menyenangkan. 

Antusiasme siswa kelas 8 SMP Negeri 1 Boja tampak meningkat secara signifikan selama menggunakan Quizziz. Mereka bahkan meminta untuk selalu menggunakan Quizziz dalam setiap pertemuan. Siswa menjadi lebih bersemangat dalam menjawab soal, dan ulangan harian bukanlah momok yang menakutkan lagi bagi mereka. Hal tersebut terbukti dari meningkatnya nilai yang mereka capai setelah ulangan harian. 

Efek yang paling membanggakan adalah, siswa menjadi lebih nyaman, bersemangat dan tertarik dalam pembelajaran Bahasa Inggris. 

Guru sebaiknya mampu menyelami karakteristik siswa, agar bisa ditelisik apa yang menjadi kegemaran mereka. Praktik baik yang telah dilakukan membuktikan bahwa dengan merangkul dunia siswa dalam pembelajaran, hasil maksimalpun dapat guru dapatkan.

Penulis: Kristina Wijayanti, S. Pd. (Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 1 Boja)

1 thought on “Quizziz, Aku dan Ulangan Harianku”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *