Kertas Lipat jadi Klipping Jaring-jaring

Salah satu materi kelas 5 semester 2 pada Kurikulum Darurat adalah menjelaskan dan menemukan jaring-jaring bangun ruang sederhana (kubus dan balok). Guna dapat menentukan jaring-jaring kubus yang tepat, maka siswa sebaiknya memiliki pengalaman langsung mengonstruksi jaring-jaring menjadi sebuah bangun ruang. 

Pembelajaran Matematika Kelas 5 semester 2 tahun pelajaran 2021/ 2022 di SDN Purworejo dilakukan dengan pendekatan berbasis proyek. Kegiatan pembelajaran diawali peserta didik membawa kardus pasta gigi dari rumah. Mereka diajak untuk membuka perekat kardus pasta gigi dan mengamati bagian-bagianya, dilanjutkan dengan berulang kali membentuknya berulang kali. Dengan bimbingan guru, siswa mendapat pengetahuan awal bahwa gabungan dari bangun-bangun datar tersebut dapat membentuk sebuah bangun ruang baru yang dinamakan dengan jaring-jaring bangun ruang.

Siswa Mengonstruksi Jaring-jaring Bangun Ruang

Kegiatan dilanjutkan dengan guru menunjukkan sebuah bangun ruang berbentuk kubus yang terbuat dari kertas. Siswa mendapat pertanyaan pemantik, “dapatkah kalian membuat desain jaring-jaring kubus kalian sendiri dengan menggunakan 6 kertas lipat ini?”. 

Dalam berkelompok, siswa didorong untuk melakukan investigasi menemukan desain jaring-jaring kubus dengan menggunakan 6 kertas lipat dengan 3 jenis warna yang berbeda. Selanjutnya perwakilan kelompok melakukan presentasi di depan kelas dengan tujuan siswa diajak menghargai dan mengapresiasi hasil kerja kelompok lainnya. 

Tindak lanjut dilakukan dengan membagikan lembar kertas hvs dan kertas lipat untuk melakukan investigasi lebih dalam guna menemukan jaring-jaring kubus yang lainnya dan menyusunnya menjadi sebuah kliping jaring-jaring kubus di rumah. Melalui kegiatan tersebut, siswa lebih mengenal aneka macam jaring-jaring kubus dan menentukan jaring-jaring kubus yang benar maupun yang salah. 

“Setiap melihat jaring-jaring kubus, kini saya dapat dengan mudah membedakan mana jaring-jaring kubus yang benar dan yang salah”, ujar Guntur siswa kelas 5. 

Pemahaman mengenai jaring-jaring lebih mudah dimengerti karena semua siswa mengalami sendiri penyelidikan untuk menemukan beraneka variasi bentuk jaring-jaring kubus. Untuk itu, ide kreatif dan inovatif dari guru juga berkontribusi terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran.

Pemahaman mengenai jaring-jaring lebih mudah dimengerti karena semua siswa mengalami sendiri penyelidikan untuk menemukan beraneka variasi bentuk jaring-jaring kubus. Untuk itu, ide kreatif dan inovatif dari guru juga berkontribusi terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *