KELAS DIGITAL SMP MUHAMMADIYAH 1 WELERI

Ary Prabowo*

Kelas Digital dalam kelas modern dengan pembelajaran secara digital secara “one student one chromebook”. Bertujuan mengenalkan dan membiasakan pembelajaran secara digital, dalam menghadapi persaingan dunia digital di masa yang akan datang. Visi dari kelas digital adalah membentuk siswa yang Smart, Religius dan Digitalized.

Model kelas ini juga memiliki arti / definisi sebagai metode pembelajaran yang sudah mengesampingkan papan tulis, kapur dan ceramah seperti yang dilakukan pada kelas tradisional. Seperti yang dikemukakan Muhammad Yaumi (2019), “Kelas digital adalah lawan dari kelas tradisional yang mana dalam kelas tradisional antara pendidik dan peserta didik saling berhadapan secara langsung.” Jika dalam kelas tradisional proses pembelajaran terjadi dan berada dalam sekat dinding ruang terbatas (ruang kelas), sementara model kelas digital / kelas maya memungkinkan peserta didik dapat melaksanakan pembelajaran pada ruang tanpa batas. Dalam pembelajarannya, peserta didik kemungkinan bisa untuk melakukan diskusi dengan orang lain. Bahkan dengan seseorang yang tidak ada di ruangan / tempat mereka berada.

Kelas digital adalah lawan dari kelas tradisional yang mana dalam kelas tradisional antara pendidik dan peserta didik saling berhadapan secara langsung

Berawal dari hal tersebut, maka SMP Muhammadiyah 1 Weleri berusaha memberikan wadah bagi siswa-siswa yang tertarik di bidang teknologi digital, untuk belajar dengan cara yang berbeda dengan kelas konvensional, yaitu berupa kelas digital, yang proses pembelajarannya menggunakan teknologi digital, disertai dengan konten pembelajaran yang digital juga.

Tujuan diadakannya Kelas Digital di SMP Muhammadiyah 1 Weleri ini adalah untuk mengenalkan dan membiasakan siswa beserta guru menggunakan teknologi dalam pembelajaran beserta perangkatnya, serta sebagai bekal dalam mengikuti perkembangan teknologi sangat pesat di masa yang akan datang.

Kelas Digital ini berbasis Google Classroom sebagai Sistem Manajemen Pembelajarannya dengan administrasi kelas secara digital dan akan berisikan 20-25 siswa dalam 1 kelas dengan konsep “One Student, One Chromebook”. 

Lingkup Materi Teknologi Informatika secara umum adalah sebagai berikut : Untuk Kelas 7  antara lain penguasaan perangkat digital yang digunakan, penguasaan Google Drive, penguasaan ketrampilan pengolahan dokumen, data, dan presentasi, dan penguasaan Google Form. Untuk kelas  8 antara lain : penguasaan Google Sites, penguasaan Konten Digital untuk Sites, penguasaan Multimedia Digital Dasar (Pembuatan), sedangkan untuk kelas 9 antara lain : penguasaan Multimedia Digital Lanjutan (Editing) dan penguasaan Ketrampilan Broadcasting.

Sedangkan yang perlu disiapkan untuk kelas digital antara lain : ruangan kelas dengan AC, proyektor, dan jaringan listrik; meja tulis siswa single dan kursi (25 buah) serta meja kursi guru; jaringan internet lewat wifi, whiteboard, layar proyektor, dan lemari.

Salah satu siswa Kelas Digital SMP Muhammadiyah 1 Weleri, Khairatiz Zahara mengatakan, belajar di Kelas Digital menggunakan chromebook sangat menyenangkan, perangkatnya mudah digunakan, baterainya sangat awet, dan sangat menunjang proses pembelajaran.  Pendidikan masa sekarang adalah kehidupan siswa kita di masa yang akan datang, dimana penggunaan teknologi digital akan jauh lebih mewarnai dunia kerja, Mari kita persiapkan mereka untuk bisa lebih mewarnai masa depan, melalui pembelajaran yang lebih digital di masa sekarang.

*)Guru SMP Muhammadiyah 1 Weleri/ Co Kapten Google Master Trainer Kab. Kendal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.