Menyimpulkan Isi Teks dan Contohnya

Oleh: Diannita Ayu Kurniasih, Guru SDN 1 Kebumen, Kendal, Jawa Tengah

Simpulan adalah mengambil intisari bacaan (ide pokok) dan mencari jawaban ide pokok kemudian menyusunnya menjadi pernyataan menggunakan bahasa sendiri. Ide pokok merupakan bahasan utama dalam sebuah paragraf yang menjadi dasar pengembangan paragraf. Menyimpulkan informasi dari sebuh teks nonfiksi dapat kita temukan dengan cara yang mudah, di antaranya:

Menemukan Fakta Utama

Cara yang pertama untuk menyimpulkan informasi dari sebuah teks nonfiksi adalah menemukan fakta utama dan hal-hal yang sudah diketahui.  Perhatikan contoh berikut:  Udara terasa panas. Angin berembus menggoyangkan pohon kelapa yang menjulang tinggi. Aroma asin tercium begitu dekat. Ombak pun bergulung menuju ke tepian hingga akhirnya pecah. Dari teks tersebut, kita dapat menemukan berbagai fakta utama, yaitu udara panas, pohon kelapa, aroma garam, dan ombak yang terpecah. Kita juga dapat menambahkan hal-hal yang diketahui yaitu suasana atau tempat yang dimaksudkan. Bermodal fakta utama dan hal-hal yang diketahui tersebut ita dapat menyimpulkan bahwa tempat yang dimaksud adalah pantai.

Menemukan Kalimat Simpulan

Sebuah paragraf pasti memiliki kalimat utama. Kalimat utama dapat terletak di awal, akhir maupun di awal dan akhir dari sebuah paragraf.

Paragraf yang kalimat utamanya terletak di akhir paragraf sekaligus menjadi simpulan dari paragraf tersebut. Perhatikan contoh berikut: Kertas menjadi bahan dasar utama pembuatan kipas lipat. Untuk memudahkan membuat kipas lipat, kita juga membutuhkan penggaris. Pewarna dan alat tulis juga kita perlukan untuk menambah hiasan pada kipas yang kita buat. Jadi, alat dan bahan untuk membuat kipas lipat adalah kertas, penggaris, dan alat tulis. Paragraf tersebut memiliki kalimat utama di akhir paragraf yang ditandai dengan kata “jadi”. Kalimat ini sekaligus merupakan simpulan paragraf. Kata lain yang dapat dijadikan penanda kalimat simpulan diantaranya adalah oleh karena itu, oleh sebab itu, dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa, dan oleh karenanya.

Menemukan Jawaban Ide Pokok

Cara selanjutnya adalah dengan menemukan ide pokok pada sebuah paragraf. Ide pokok terdapat di kalimat utama dalam paragraf tersebut. Urutan mencari simpulan dengan car aini adalah dengan membaca bacaan dengan cermat, temukan kalimat utama, tentukan ide pokok, menyimpulkan dengan bahasa sendiri berdasarkan jawaban (ide pokok) dari teks bacaan. Perhatikan contoh berikut: Makanan pokok merupakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat. Contoh makanan ini adalah nasi, ketela, gandum, kentang, dan jagung. Setiap daerah memiliki makanan pokok yang berbeda. Karbohidrat diperlukan untuk mendapatkan tenaga. Kalimat utama pada paragraf tersebut adalah “Makanan pokok merupakan makanan yang banyak mengandung karbohidrat”. Sehingga ide pokok paragraf tersebut adalah “Makanan pokok”. Simpulan dari paragraf tersebut adalah makanan pokok diperlukan untuk mendapatkan tenaga.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Menyimpulkan Isi Teks dan Contohnya”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/skola/read/2022/01/31/080000469/menyimpulkan-isi-teks-dan-contohnya.

Editor : Serafica Gischa

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

3 thoughts on “Menyimpulkan Isi Teks dan Contohnya”

  1. fantastic put up, very informative. I’m wondering why the opposite specialists of this sector do not realize this. You should proceed your writing. I’m sure, you’ve a huge readers’ base already!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *