Hasil Belajar Meningkat dengan LKPD dan Modul Interaktif melalui Liveworksheets

Oleh Hadi Sumarto, S.Pd. Guru SD Negeri 2 Korowelanganyar, Cepiring, Kendal.

———————————————————————————————————

Proses Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dengan sistem daring menjadi tantangan bagi para pendidik dan tenaga kependidikan. Pendidik dituntut membuat inovasi media pembelajaran dan media evaluasi belajar. Tujuannya agar tetap bisa menyampaikan materi pembelajaran serta melakukaan evaluasi belajar pada peserta didik melalui sistem daring.

Salah satu aplikasi yang dapat digunakan dalam menunjang pembelajaran jarak jauh (PJJ) adalah liveworksheets. Aplikasi ini menarik dan menantang terutama bila digunakan di kelas rendah.

Pada aplikasi liveworksheets kita dapat menampilkan materi berupa video, gambar, serta simbol-simbol menarik lainnya yang tentunya dapat menambah daya tarik dan semangat. Selain dapat digunakan untuk penyampaian materi pembelajaran, guru juga dapat membuat LKPD secara aktif pada liveworksheets tersebut.

Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) ini berfungi menjembatani kegiatan belajar mengajar sehingga akan terbentuk interaksi yang efektif antara peserta didik dengan pendidik, hal ini dapat meningkatkan aktivitas peserta didik dalam peningkatan prestasi belajar.

Lembar kerja yang disajikan melalui liveworksheetspun sangat mudah dibuat, guru dapat membuat soal sendiri atau mengambil soal yang sudah ada dari penjuru dunia. Kunci jawaban bisa langsung dimasukkan pada aplikasi, sehingga ketika siswa selesai mengerjakan nilai dapat langsung muncul tanpa harus mengoreksi satu persatu. Karena hal demikianlah, guru kelas 2 di SD N 2 Korowelanganyar-Cepiring-Kendal menggunakan aplikasi liveworksheets untuk menunjang PJJ.

Salah satu contoh penggunaan liveworksheets adalah pembelajaran kelas 2 Tema Hidup Bersih dan Sehat, Subtema 2 Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah Pembelajaran 1. Siswa dalam pelaksanaannya diberikan link LKPD oleh guru kemudian siswa mengerjakan LKPD tersebut secara daring.

Cara mengerjakan LKPD ini mudah dan praktis, karena siswa hanya membuka link yang diberikan oleh guru kemudian mengikuti petunjuk pengerjaan. Misalnya dalam petunjuk soal siswa diminta untuk mengamati gambar atau video maka siswa tinggal mengklik gambar atau video tersebut setalah itu megikuti petunjuk berikutnya. Contohnya klik jawaban benar ataupun menjodohkan. Berikut adalah contoh LKPD yang dikerjakan oleh siswa.

Penggunaan aplikasi tersebut berdampak positif, yaitu siswa menjadi lebih senang dan termotivasi dalam belajar.Terbukti dengan 24% dari jumlah seluruh siswa yang semula belum bisa membaca saat ini sudah lancar membaca. Sejumlah 76% dari jumlah seluruh siswa sudah bisa mandiri menggunakan aplikasi liveworksheet dan 100% dari 25 anak dapat mencapai nilai di atas kriteria ketuntasan minimal dalam evaluasi pembelajaran yang diberikan oleh guru.

_______________________________________________

3 thoughts on “Hasil Belajar Meningkat dengan LKPD dan Modul Interaktif melalui Liveworksheets”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *