ASYIKNYA BELAJAR BRSD DENGAN MATEMATIKA REALISTIK

Oleh: Rahayu Susilowati, S.Si.

Guru Matematika SMP Negeri 2 Sukorejo Kabupaten Kendal

Juara II Lomba Artikel Praktik Baik Tingkat SMP Disdikbud Kabupaten Kendal

Belajar matematika dari rumah, artinya belajar matematika secara mandiri dengan arahan guru melalui pemberian materi secara online baik berupa catatan, video pembelajaran ataupun hanya berupa foto-foto contoh soal dan pembahasannya.  Belajar online seperti ini untuk mata pelajaran matematika selama beberapa bulan dalam masa pandemi COVID-19 tentu akan menjemukan bagi peserta didik. Terlebih bila orang tua sebagai pendamping kegiatan peserta didik selama belajar dari rumah tidak dapat membantu memberikan arahan yang jelas, sehingga pengkonstruksian materi tidak dapat dikuasai dengan baik. Oleh karena itu diperlukan metode khusus agar peserta didik tidak hanya belajar tetapi juga mendapat pengetahuan keilmuan baru yang menyenangkan dan mudah serta lebih dekat dengan dunia nyata dalam kehidupan sehari-hari. Suatu pendekatan matematika yang dalam pembelajarannya mengunakan konteks “dunia nyata” ini disebut dengan pendekatan matematika realistik.

Konsep matematika realistik ini penulis gunakan pada pembelajaran materi Bangun Ruang Sisi Datar (BRSD) kelas VIII semester genap di SMP Negeri 2 Sukorejo Kendal. Penggunaan konsep tersebut bertujuan agar peserta didk mampu memahami matematika tidak hanya pada tataran teoretik semata, tetapi juga mampu memahami aplikasinya di dunia nyata. Sebagaimana yang disampaikan oleh Slameto (2013:2) bahwa belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan  seseorang  untuk  memperoleh  suatu  perubahan  tingkah  laku  yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan  lingkungannya.  Hal  ini  menekankan  bahwa  belajar  adalah  sebuah proses, artinya belajar tidak dilakukan secara singkat melainkan terus menerus. Belajar adalah usaha yang dilakukan oleh individu untuk menjadi lebih baik dan merupakan hasil dari perilaku sebelumnya yang berupa pengalaman. Pengalaman yang akan membuahkan ilmu ini dapat peserta didik peroleh dengan mengasyikkan pada BRSD dengan pendekatan matematika realistik.

Pada pembelajaran bangun ruang sisi datar, penulis memberikan arahan kepada peserta didik untuk memahami definisi kubus, balok, prisma, dan limas. Setelah peserta didik memahami konsepnya, maka peserta didik diberi tugas mengamati dan mengidentifikasi benda-benda di rumah mereka yang berbentuk bangun-bangun ruang tersebut. Pembelajaran ini akan sangat seru dan menarik bagi peserta didik karena mereka menemukan matematika bangun ruang pada benda yang mereka lihat dan gunakan dalam kesehariannya, tidak sekadar membayangkan seperti saat mereka berada di ruang kelas.

Selanjutnya setelah peserta didik mampu mengidentifikasi benda-benda di sekitar mereka. Agar pembelajaran lebih menantang penulis memberikan tugas kepada peserta didik untuk belajar membuat contoh permasalahan yang berkaitan dengan materi bangun ruang. Tugas tersebut di antaranya menghitung luas permukaannya, menentukan volumenya, dan sebaliknya yaitu unsur BRSD yang lain jika diketahui luas atau volumenya. Selain peserta didik dapat menentukan nama BRSD lengkap dengan unsur-unsurnya, dalam hal ini peserta didik juga mampu memecahkan masalah yang lebih kompleks. Beberapa peserta didik mampu menentukan volume bak mandi dan menghitung waktu yang diperlukan untuk mengisi bak dengan debit air tertentu pada krannya. Ada juga peserta didik yang  dapat menghitung luas dinding rumah, menentukan banyak cat yang diperlukan, dan besar biaya yang digunakan.

Hasil karya siswa

Pada masa pandemi ini sangat penting untuk peserta didik mendapatkan pendidikan yang bermakna. Oleh karena itu, pembelajaran harus dikemas secara kreatif dan menyenangkan untuk menghindari kejenuhan yang berpotensi dampak negatif yang dialami oleh peserta didik selama belajar matematika dari rumah. Mari menjadi guru yang kreatif dan inovatif.

Editor : Tim Divisi Artikel Web Disdikbud Kendal

3 thoughts on “ASYIKNYA BELAJAR BRSD DENGAN MATEMATIKA REALISTIK”

  1. Senang menjadi bagian dari deretan guru yang tetap berperan secara profesional pada dunia pendidikan untuk dapat melaksanakan praktik baik dalam pembelajaran jarak jauh di tengah pandemi covid-19.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *