Ajak Guru untuk Bergerak, Disdikbud Kendal adakan Pelatihan Guru Penggerak

Bersamaan dengan peluncuran guru penggerak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada tanggal 3 Juli 2020, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal juga telah menyelesaikan pelatihan sesi 1 bagi guru penggerak jenjang SD. Sesi pelatihan ini berlangsung mulai tanggal 1 hingga 3 Juli 2020 melalui daring bagi 102 guru penggerak Kabupaten Kendal. Pelatihan ini di buka oleh Bapak Wahyu Yusuf Akhmadi, S.STP.,M.Si. selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal.

Guru penggerak merupakan guru yang nantinya akan menjadi guru pemimpin yaitu guru yang tidak hanya dapat menerapkan pembelajaran yang berpusat pada siswa, namun juga mampu mengajak rekan sejawat untuk melakukan hal yang sama.

Guru penggerak yang dilatih berasal dari 20 kecamatan di kabupaten Kendal. Diharapkan dari 102 guru penggerak tersebut, akan lahir guru penggerak-guru penggerak lain di setiap sekolah.

Pelatihan sesi 1 merupakan pelatihan dengan materi pembelajaran aktif dan penyusunan lembar kerja berorientasi pertanyaan tingkat tinggi. Pembelajaran aktif adalah pembelajaran yang menyajikan kegiatan pembelajaran dengan siswa sebagai subjek utama pembelajaran. Pembelajaran disajikan dengan mengajak siswa mengeksplor pengetahuan awal mereka. Kegiatan refleksi yang selama ini masih jarang dilakukan siswa, juga diberikan pada sesi pelatihan ini. Kegiatan refleksi ini penting karena akan memberikan umpan balik terhadap kegiatan pemelajaran selanjutnya.

Penyusunan lembar kerja berorientasi keterampilan berpikir tingkat tinggi juga tidak kalah penting. Lembar kerja inilah yang akan berbicara mengenai kegiatan siswa. Melalui lembar kerja ini, siswa mampu melakukan kegiatan pembelajaran dengan memaksimalkan kemampuan mereka. Guru hanya berperan menjadi fasilitator dalam pembelajaran. Pelatihan sesi 1 bagi guru penggerak jenjang SD akan dilanjutkan dengan pelatihan sesi 2. Pelatihan ini juga akan dilakukan bagi guru penggerak jenjang SMP. Pelatihan yang diselenggarakan atas kerja sama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal dengan Tanotofoundation yang merupakan mitra kerja sama pendidikan ini diharapkan akan memberi bekal bagi guru penggerak untuk menerapkan hasil pelatihan di sekolah masing-masing. Hasil pelatihan juga diharapkan dapat membantu guru pengegrak menyajikan pembelajaran bermakna di masa pandemi covid-19. Keluaran lain yang diharapakn tentunya mampu meningkatkan kualitas pendidikan di Kabupaten kendal.

Penulis: Diannita Ayu Kurniasih

Reviewer: Muhchamad Haris Tarmidi

2 thoughts on “Ajak Guru untuk Bergerak, Disdikbud Kendal adakan Pelatihan Guru Penggerak”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *