Pembelajaran dengan Mengaktifkan Audio dan Visual Anak

12,596 Comments

Kendal – Belajar di rumah perlu disikapi dengan cara-cara kreatif yang menggembirakan peserta didik. Apalagi untuk kelas VI momen bersama teman-teman di sekolahnya tinggal sebentar.

Teknik dan metodologi yang digunakan oleh guru juga harus efektif, misalnya mengenai  bagaimana menyajikan tugas-tugas kepada siswa agar tidak membosankan di tiap minggunya. Peran orangtua juga sangat penting untuk digali potensinya, sehingga kolaborasi antara guru dan orangtua dalam mendorong dan membersamai siswa belajar jarak jauh bisa berjalan dengan ‘apik’.

Ibu Kristin, guru Kelas VI di SDN 2 Sukorejo punya cara unik di kelasnya (kelas jarak jauh). Tugas dalam jaringan (daring) yang dilakukannya dengan mengaktifkan sisi Audio dan Visual anak. Pembelajaran ini sesuai dengan materi bahasa Indonesia kelas VI tema 9 yaitu teks fiksi.

Dalam pembelajaran ini, kegiatan diawali dengan guru membacakan cerita pendek yang diambil dari buku tema dan dibacakan sesuai ejaan yang benar. Kemudian bu Kristin merekamnya dalam dengan fasilitas Voice Note di android.

Setelah selesai membaca cerpen yang terekam Voice Note, file ini di kirim ke grup WhatsApp siswa disertai dengan Lembar Kerja (LK) yang dibuat oleh guru. Dalam LK tersebut, siswa dapat menjawab pertanyaan dari guru diantaranya menjawab tentang tokoh utama dan wataknya, latar, alur, dan nilai yang terkandung dalam cerita. Sebagai tindak lanjut, siswa menggambarkan tokoh yang terdapat dalam cerpen tersebut dalam bentuk visual. Setelah mengerjakannya siswa mengirim hasil pekerjaan ini kepada guru.

Pembelajaran ini sangat bermanfaat bagi siswa dan sesuai dengan strategi MIKiR (Mengalami, Interaksi, Komunikasi, Refleksi) dalam yang sangat efektif digunakan dalam pembelajaran siswa.

Hal ini bisa terjadi karena dengan mendengarkan siswa dilatih untuk fokus dalam pembelajaran. Selain itu mendorong siswa untuk berimajinasi  dan kreatif serta menuangkannya dalam bentuk lisan, tulisan serta gambar visual. Tentunya pembelajaran yang menyenangkan.

Tautan Lembar Kerja dapat di lihat pada: http://gg.gg/LK_Audio_Visual

12,596 thoughts on “Pembelajaran dengan Mengaktifkan Audio dan Visual Anak”