Lilin Darurat ALternatif Pembelajaran yang Mudah, Murah, dan Bermanfaat

Kendal – Pembelajaran jarak jauh pada masa pandemi ini mengharuskan guru untuk menyajikan pembelajaran dengan kreatif. Dengan tidak mengenyampingkan pembelajaran bermakna, guru dapat mengintegrasikan muatan kurikulum di dalamnya.

Salah satu materi yang terdapat di kelas atas sekolah dasar mengenai sumber energi dan penghematannya. Materi ini juga dapat disajikan melalui pembelajaran jarak jauh dengan pengemasan yang menarik.

Lilin darurat merupakan salah satu alternatif cara membelajarkan materi sumber energi. Kegiatan penyampaian materi disampaikan melalui tayangan pada Youtube live streaming yang diadakan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal lewat Program PINTAR Berbagi. Tayangan perdana yang dilaksanakan pada Senin, 27 April 2020 ini menarik perhatian banyak siswa dan guru di wilayah Kabupaten Kendal. Terbukti dengan ribuan pemirsa yang mengikuti penayangan tersebut.

Kegiatan pembelajaran dimulai dengan menyapa para penonton dengan tetap memberikan pesan-pesan terkait covid-19. Kegiatan dilanjutkan dengan pemberian pengantar mengenai materi sumber energi, pengertian, serta jenis-jenisnya.

Hal yang menarik dari tayangan ini adalah siswa diajak melakukan percobaan membuat lilin darurat sebagai salah satu solusi untuk menghasilkan cahaya ketika listrik padam.

Lilin darurat merupakan sebutan dari sebuah lilin yang bisa dibuat dari barang-barang disekitar rumah dan juga benda-benda yang sudah tidak terpakai.  Bu Diannita mencontohkan barang-barang yang dipakai untuk membuat lilin darurat diantaranya: gelas, lima buah kerikil atau kelereng, air, cotton buds, minyak goreng bekas, dan korek api.

Di dalam tayangan youtube live streaming tersebut, siswa menjawab beberapa pertanyaan yang diajukan guru. Guru juga memberikan penguatan atas pertanyaan-pertanyaan tersebut agar siswa lebih memahami materi yang disampaikan. Bagi siswa yang belum menyiapkan alat dan bahan untuk percobaan, dapat melakukan perobaan setelah tayangan selesai.

Tindak lanjut dari percobaan tersebut adalah siswa melakukan percobaan lain dengan tujuan yang sama dengan lilin darurat, yaitu membuat sumber cahaya. Selain membuat alat yang berbeda, siswa juga melakukan pengamatan yang dilakukan untuk membandingkan lilin darurat dengan percobaan pembuatan alat yang telah mereka lakukan. Hal ini dilakukan untuk mengasah kemampuan berkreasi dan berpikir kritis.

Kegiatan pengamatan ini dituangkan dalam lembar kerja. Ternyata, antusias dari siswa sangat tinggi. Banyak sekali variasi sumber cahaya yang mereka buat. Ada yang menggunakan kapas dan garpu, ada yang menggunakan krayon, ada yang menggunakan baby oil, dan lain-lain.

Pembelajaran yang dilakukan dengan menggunakan alat dan bahan sederhana serta bermanfaat bagi siswa akan lebih mudah dipahami. Siswa pun tidak merasa terbebani dengan penugasan yang juga sederhana.

Lembar Kerja dan laporan dapat di unduh pada link berikut ini: https://gg.gg/Lilin_Darurat_Diannita

#1001IdePINTARbelajardirumah

#KendalCerdas

Penulis: Diannita Ayu Kurniasih, S.Pd.SD (Guru SDN 2 Sukorejo, Kendal dan Fasilitator Program PINTAR Tanoto Foundation)

Reviewer: M. Haris Tarmidi, S.Pd.SD

84 thoughts on “Lilin Darurat ALternatif Pembelajaran yang Mudah, Murah, dan Bermanfaat”

  1. slot สล็อตออนไลน์ ยอดนิยม เล่นได้เงินจริง เล่นได้บน โทรศัพท์มือถือ รองรับทุกระบบ สมัครเป็นสมาชิกใหม่ รับโบนัสฟรี 100% ที่ PG เดียวของโลก เกมสล็อตออนไลน์ เป็นที่นิยมมหาศาล

  2. slot wallet slotwallet เป็นเกมสล็อต ( pg slot )slot ที่มาแรง สร้างความระทึกใจให้กับผู้เล่นได้อย่างสม่ำเสมอ ด้วยการอัปเดตเกมใหม่ๆออกมาอยู่เรื่อยรวมมากยิ่งกว่า 200 เกม 2022

  3. ทดลองเล่นสล็อต pg เว็บ ตรง เป็นผู้ให้บริการเกมพร้อมให้ผู้เล่นทุกคนได้รับโบนัสทดสอบเล่นสล็อต pg slot ฟรี 2022แล้ววันนี้ ที่นี้ที่เดียวทุกท่าน ได้เล่นได้ก่อนผู้ใดเข้าเล่นได้เลย

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *