Diorama Corona dan Indahnya Kebersamaan Keluarga

Kendal – Pembelajaran dengan cara daring menjadi harapan guru agar siswa tetap belajar walaupun berada di rumah.  Cara ini telah menjadi pilihan utama yang dipakai dalam pembelajaran jarak jauh situasi tanggap darurat covid-19 ini.  

Dalam pembelajaran daring perlu kreativitas dari guru. Selain itu, perlu dilaksanakan strukturisasi materi sehingga pembelajaran dan penugasan tidak monoton.

Pembelajaran dan penugasan terstruktur saya lakukan dalam pembelajaran daring bagi siswa kelas V SDN 1 Brangsong dalam mempelajari materi bahasa Indonesia Tema 8 menceritakan peristiwa secara lisan berdasarkan pengalaman selama tanggap darurat covid 19.

Pembelajaran dikemas dan dipadukan dengan isu kekinian sebagai bahan edukasi tentang bahaya covid-19. Tugas terstruktur yang diberikan berupa pembuatan diorama dari kardus bekas untuk mengemas pembelajaran bercerita dalam muatan pembelajaran bahasa Indonesia.

Mengawali aktivitas pagi itu saya menyapa dan memberikan arahan sebagai berikut:

Jangan lupa untuk tetap dirumah, membiasakan cuci tangan dengan sabun dan berjemur dipagi hari agar imnitas tubuhmu bisa meningkat dan mencegah penularan virus covid-19.

Anak-anak untuk aktivitas belajar hari ini kita akan sama-sama membuat diorama. Diorama adalah karya 3 dimensi yang terbuat dari bahan kardus bekas atau kertas dimana di dalamnya bisa menceritakan sesuatu kejadian. Tutorial pembuatannya bisa kalian lihat dalam link berikut: https://www.youtube.com/watch?v=Zc14MhXk_xo

Bahan untuk membuat diorama sangat mudah, siswa didampingi orang tua dan cukup menyiapkan kardus/ karton bekas, gunting, lem, pensil atau kertas warna.

Terlebih dahulu siswa menuliskan tema dan ilustrasi cerita yang akan dikemas dalam diorama. Tema  cerita nonfiksi telah ditetapkan berdasarkan kesepakatan yaitu tentang pandemi corona serta aktivitas bersama keluarga saat belajar di rumah.

Lembar kerja untuk kegiatan ini dapat diakses di: LKDiorama

#1001IdePINTARBelajarDirumah

#KendalCerdas

Penulis: Zayyinul Firdaus S.Pd. (Guru Kelas V SDN 1 Brangsong mitra PINTAR Tanoto Foundation)

11 thoughts on “Diorama Corona dan Indahnya Kebersamaan Keluarga”

  1. Ping-balik: 1complaint

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *