#1001 Ide PINTAR Belajar Di Rumah – Live Streaming Youtube: Asyiknya Belajar Energi dengan Lilin Darurat dan Belajar tentang Cermin

Kendal – Salah satu energi penting dalam kehidupan manusia adalah energi cahaya. Energi cahaya atau kita kenal dengan sebutan cahaya membuat tempat gelap menjadi terang. Benda-benda yang dapat memancarkan cahayanya sendiri disebut sumber cahaya. Contoh sumber cahaya antara lain matahari, bintang, kunang-kunang, nyala api, lilin, lampu pijar, dan lain-lain.

Saat ini, salah satu sumber cahaya penting bagi masyarakat modern adalah lampu pijar yang kita kenal sebagai lampu listrik. Pada saat listrik padam di malam hari, maka lampu listrik yang merupakan salah satu sumber cahaya juga ikut padam. Keadaan sekitar menjadi gelap dan kita tidak dapat melihat sekeliling dengan jelas. Jika hal ini terjadi, kita dapat menggantikannya dengan sumber cahaya lain yang dapat kita buat sendiri, seperti lilin darurat.

Ibu Diannita Ayu Kurniasih, Guru SDN 2 Sukorejo, akan melakukan pembelajaran secara online melalui streaming youtube Kendal PINTAR Berbagi pada 27 April 2020 melalui kanal youtube PINTAR Berbagi.

Pembelajaran secara streaming ini ditujukan untuk siswa SD kelas tinggi, guru-guru SD kelas tinggi, maupun orangtua dan juga pengajar jenjang sekolah dasar.

Untuk membantu dalam proses pembelajaran, Ibu Diannita telah menyiapkan lembar kerja yang dapat digunakan oleh bapak ibu guru dan dapat disebarkan ke grup daring siswa.

Silakan ikuti link berikut untuk mengikuti live streaming 1001 Ide PINTAR Belajar di Rumah tentang lilin darurat ini: gg.gg/LILINPINTAR

File lembar kerja dapat diunduh pada link berikut ini: gg.gg/LKlilindarurat

Ikuti panduan dalam lembar kerja di bawah dan jawab pertanyaannya. Jawaban dan video dapat dikirimkan melalui Grup Facebook Kendal PINTAR Berbagi. Kiriman tugas terbaik pilihan di grup akan mendapatkan reward menarik.

Di hari Selasa, 28 April 2020, Ibu Irina Kurnia Lubis, Guru IPA SMPN 2 Kendal juga akan memandu belajar tentang cahaya dan alat optik (cermin).

Kita dapat melihat alam sekitar dengan indra penglihat. Benda-benda di sekitar kita dapat terlihat karena benda tersebut memantulkan cahaya. Cahaya memiliki beberapa sifat, yaitu merambat lurus, dapat dipantulkan, dapat dibiaskan, dan merupakan gelombang elektromagnetik.

Ada tiga macam pembentukan bayangan-bayangan pada cermin, yaitu cermin datar, cekung, dan cembung. Live streaming ini akan mengajak kita untuk melakukan kegiatan agar lebih mengenal sifat-sifat pada ke tiga cermin tersebut.

Moderator dalam dua kegiatan ini yaitu M. Haris Tarmidi, Guru SDN 1 Puguh, Pegandon Kendal.

Silakan ikuti link berikut untuk mengikuti live streaming 1001 Ide PINTAR Belajar di Rumah belajar tentang cermin ini: gg.gg/CahayaCermin

File lembar kerja dapat diunduh pada link berikut ini: gg.gg/LKCermin1

#1001IdePINTARBelajarDiRumah

#KendalCerdas

6 thoughts on “#1001 Ide PINTAR Belajar Di Rumah – Live Streaming Youtube: Asyiknya Belajar Energi dengan Lilin Darurat dan Belajar tentang Cermin”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *