Serunya Membuat Planetarium Mini Di Rumahku

Kendal – Pada jenjang sekolah dasar, peserta didik akan mudah memahami materi pembelajaran bila guru secara kreatif mengemas konsep-konsep yang abstrak dan membawanya ke konkret.

Pengalaman-pengalaman yang konseptual harus diterjemahkan dan diwujudkan dengan benda-benda konkrit yang ada di sekeliling peserta didik untuk selanjutnya akan membuat jaring pemahaman lebih kompleks pada diri peserta didik.

Hal tersebutlah yang dilakulan oleh ibu Tutut Wahjuni, Guru kelas 6 SD Negeri 1 Brangsong sekolah mitra PINTAR Tanoto Foundation. Dalam kegiatan pembelajaran daring, Ibu Tutut bersama peserta didik kelas 6 tetap terasah dan terampil membuat tiruan tentang planet di sela luang waktunya setelah pembelajaran.

“Hari ini kita akan membuat karya dengan memanfaatkan barang bekas untuk dijadikan model sistem tata surya yang digunakan sebagai media pembelajaran pada Mapel IPA untuk mengisi waktu luang anak anak belajar di rumah dalam masa pandemi corona (Covid-19) ini,” tulis Bu Tutut di lembar kerja dalam whattApp grup kelas.

Kegiatan ini bukan hanya melibatkan peserta didik, tapi mereka berkolaborasi bersama orangtuanya bila mengalami kesulitan. waktunya pun fleksibel sehingga tidak memberatkan jam kerja orangtua.

Tujuan yang ingin dicapai yaitu, siswa dapat membuat model sistem tata surya sederhana dari kertas koran, gabus dan bola yang dirancang sesuai dengan urutan planet dalam tata surya.

Alat-alatnya juga dapat divariasikan sesuai kebutuhan di rumah, mulai dari kertas koran, gabus, bola, senar, cat (bila ada), kardus, lidi, lem dan gunting.

Berikut link lembar kerja yang digunakah Ibu Tutut dalam pembelajaran ini: http://gg.gg/T-taSurya

#1001IdePINTARBelajarDirumah

#KendalCerdas

Penulis:  Tutut Wahjuni, S.Pd. (Guru SDN 1 Brangsong)

8 thoughts on “Serunya Membuat Planetarium Mini Di Rumahku”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *