Mengelola Sekolah di Masa Pandemi Covid-19, Dari Ruang Aspirasi Sampai Belajar Tematik

Kendal – Berfikir cepat dan tepat sangat dibutuhkan di masa darurat covid-19 ini. Tak terkecuali pengelolaan sekolah. Teringat kita di saat sebelum covid 19 melanda. SMPN 2 Kendal telah melakukan komunikasi dengan orang tua lewat kegiatan pertemuan tatap muka rutin di sekolah.

Baca: Permasalahan Anak Bisa Saja Bersumber dari Pola Asuh Orang Tua

Guna mewujudkan asa orang tua dan siswa mencapai hasil pendidikan maksimal. Pola asuh dan perhatian terhadap anak, akan menciptakan karakter yang bisa membentuk sikap dan sifat bagi anak.

Kompleksnya masalah yang dihadapi generasi pra remaja masa kini terkadang dapat membawa mereka ke arah yang negatif. Permasalahan anak juga dapat bersumber dari pola didik orang tua. Jadi orang tua pun harus dapat memberikan edukasi sikap pribadi kepada anak.

Hasil survei “Layanan Aspirasi Orangtua”

Untuk mengetahui efektivitas pemberian penugasan kepada siswa, SMPN 2 Kendal, Jawa Tengah mengadakan survei orangtua untuk mengevaluasi pelaksanaan pembelajaran di rumah. Survei tersebut diberi nama “Layanan Aspirasi Orangtua”.

Ada beberapa item pertanyaan yang diberikan pada 239 orangtua siswa SMPN 2 Kendal. Tujuan survei ini untuk mengevaluasi dan mencari solusi agar siswa dan orangtua tidak merasa tertekan saat belajar di rumah.

Ada beberapa fakta menarik muncul dari survei ini:

1. Sebanyak 94,1 persen orangtua siswa mendampingi anak-anaknya belajar dirumah, sedangkan sisanya tidak mendampingi.

2. Untuk pertanyaan “Apakah orangtua mendampingin anak-anaknya di rumah?” Sebanyak 78,2 persen orangtua menyebut tugas yang diberikan guru tidak memberatkan anak-anaknya dan 21,8 persen sisanya menyebut memberatkan.

3. Jenis tugas yang disebut memberatkan: 58 persen tugas meringkas dan mencatat ulang buku, dan 42 persen mengerjakan soal-soal latihan.

4. Dalam survei juga didapatkan data; 55 persen orangtua menginginkan tugas online; 15 persen menginginkan pembelajaran teleconference; 10 persen kunjungan ke rumah; dan 20 persen menghendaki penggunaan Google Classroom serta aplikasi pembelajaran online lain.

3 alternatif penugasan belajar di rumah

Berdasarkan hasil survei tersebut, SMPN 2 Kendal sepakat tidak ada lagi pemberian tugas meringkas buku atau hanya mengerjakan soal. Penugasan yang diberikan kepada siswa harus menarik dan mendorong kreativitas siswa.

Bagaimana bentuknya?
1. Pesan cegah penyebaran Covid-19
Setiap memberikan tugas kepada siswa, pesan utama yang diberikan adalah menjaga kebersihan diri, cuci tangan dengan sabun, dan hindari keluar rumah jika tidak ada keperluan penting. Beberapa tugas mata pelajaran juga terintegrasi untuk mendorong siswa lebih sadar dan memahami pencegahan penularan covid-19.

Mata pelajaran (Mapel) bahasa Indonesia misalnya, siswa ditugaskan membaca referensi tentang virus Covid-19 dan penanggulangannya. Lalu siswa ditugaskan membuat teks persuasif mencegah penularan virus Covid-19. Ada juga tugas menulis surat pribadi untuk memotivasi sahabat menghadapi wabah ini.

 Pada Mapel Pendidikan Jasmani dan Olahraga, siswa ditugaskan berolahraga ringan di rumah selama 30 menit setiap hari untuk menjaga kebugaran tubuh.

Para guru juga merancang pembelajaran proyek yang mengintegrasikan beberapa mapel dengan tema Stop the Spread of the Covid 19 Pandemic.

Guru Mapel yang terkait seperti IPA, IPS, Bahasa Indonesia, dan Matematika membuat materi dan penugasan proyek bersama. Siswa mengerjakan tugas proyek yang tagihannya relevan untuk pencapaian kompetensi dasar setiap mapel.

Misalnya membuat poster mencegah penyebaran Covid-19 yang di dalamnya memuat kemampuan siswa mencari informasi (IPS), mengolah data dan menyajikan data dalam bentuk grafis (matematika dan IPA), serta menggunakan kalimat yang efektif (Bahasa Indonesia). Penugasan proyek seperti ini dikerjakan dalam waktu satu minggu.

2. Pembelajaran aktif daring

Sebagian guru juga memanfaatkan google classroom untuk menerapkan pembelajaran daring yang mendorong siswa belajar aktif.

Pembelajaran interaktif daring tersebut juga mendorong siswa melakukan percobaan IPA, praktik percakapan bahasa Inggris dengan memanfaatkan google voice, atau pemecahan soal matematika yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.

3. Penugasan berbasis portofolio

Setiap jam mata pelajaran berlangsung, guru akan mengirimkan materi dan Lembar Kerja (LK) melalui WatsApp Group (WAG) orangtua siswa. LK yang diberikan siswa memuat pertanyaan produktif, terbuka, atau imajinatif. Tujuannya agar siswa tetap aktif, kreatif, dan produktif dalam belajar di rumah.

Para guru mata pelajaran akan memantau diskusi di WAG kelas, terutama bila ada pertanyaan dari siswa atau orangtua. Tugas yang sudah dikerjakan siswa, difoto dan dikirimkan kembali melalui WAG orangtua sehingga hasilnya bisa diketahui bersama.

Cara ini membuat komunikasi antara siswa, orangtua, dan guru dalam belajar di rumah lebih konstruktif.

Hasil tugas tertulis juga dikumpulkan siswa menjadi portofolio. Siswa menyimpan hasil karya dari tugas yang dikerjakan dalam file portofolio. Setiap hasil karya diberi identitas lengkap mulai dari hari, tanggal, mata pelajaran, dan jam pelaksanaannya. Pada saat kembali masuk ke sekolah, mereka akan membawa portofolio tersebut sebagai sumber belajar bersama.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul: Orangtua: Hilangkan Tugas Meringkas Buku dan Mengerjakan”


#1001IdePINTARBelajarDirumah

#KendalCerdas

Penulis: Supardi, S.Pd., M.Pd. (Kepala SMPN 2 Kendal dan Fasilisator Daerah Tanoto Foundation)

5 thoughts on “Mengelola Sekolah di Masa Pandemi Covid-19, Dari Ruang Aspirasi Sampai Belajar Tematik”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *