Mendeskripsikan Social Distancing dan Membuat Poster “How to Prevent from Covid-19”

Kendal – Home Learning bagi peserta didik dilakukan sebagai bagian social/physical distancing (pembatasan sosial/fisik) yang dinilai efektif dalam rangka memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Selain itu, peserta didik juga disarankan untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah, serta rajin menjaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer.

Beberapa penguatan tentang pentingnya social /physical distancing serta bagaimana menjaga pribadi dan lingkungan peserta didik agar tetap sehat perlu dikuatkan dalam pembelajaran di rumah bersama guru maupun orangtua. Kegiatannya dapat beraneka ragam sesuai dengan kontekstual peserta didik dan keluarga.

Dalam kegiatan home learning, kreativitas guru dengan beragam teknik (jenis) pembelajaran yang menarik sangat menentukan capaian dari belajar di rumah ini. Berikut ini dua jenis kegiatan home learning mata pelajaran bahasa Inggris yang telah dilaksanakan di SMP Negeri 1 Weleri kelas IX.

Mendeskripsikan Social Distancing

Kegiatan home learning ini dimaksudkan untuk mengembangkan kecakapan peserta didik dalam menulis teks descriptive. Peserta didik diberi tiga alternative pertanyaaan seperti: 1) What things do you enjoy doing during the social distancing period?; 2) What things do you hate during during the social distancing period? ; dan 3) Learning from Home during the social distancing period is beneficial.

Peserta didik mengirim balik jawaban pilihan karangan deskripsi mereka baik langsung di teks WhatsApp maupun pada secarik kertas untuk difoto atau pada format microsoft word dalam 2-3 hari kemudian. Penilaian didasarkan pada: 1) ide (content) dan pengorganisasian dengan skor 40, tata bahasa (grammar) dan kosa kata dengan skor 30 dan tanda baca (punctuation) dengan skor 30. 

Dari sampel hasil karya peserta didik terungkap perasaan mereka seperti senang bisa belajar sambil nge-game dan googling, tentunya sambil ngemil kudapan. Beberapa merasa jenuh, merindukan teman dan  guru. Yang lainnya merasa kesal karena jatah uang saku mereka berkurang. Yang menyenangkan ialah mereka berpendapat bahwa home learning merupakan keputusan terbaik demi pencegahan penyebaran Covid-19.

Yang menyenangkan ialah mereka berpendapat bahwa home learning merupakan keputusan terbaik demi pencegahan penyebaran Covid-19.

Membuat poster bertema “How to Prevent from Covid-19”

Kegiatan ini bisa dikatakan memadukan pembelajaran dua mata pelajaran, yakni Seni Rupa dan bahasa Inggris. Jika peserta didik bisa melukis poster dengan baik, mereka mendapat tantangan lebih, yakni mencantumkan english wording pada poster. Berikut instruksi berbahasa Inggris yang langsung mengembangkan kemampuan literasi peserta didik.

“ Good morning, Dear students. I hope you are all fine. For your Eng home learning this week, please make an interesting poster about HOW TO STAY HEALTHY IN THE THREAT OF COVID-19 PANDEMY. Write  short, attractive wording and draw interesting pictures on your poster. You can make it on a piece of paper then send the photograph of it or make it on Ms Word or PDF. You have 3 days to work on it.  Have a nice home learning”

Penilaian didasarkan pada: 1) Content skor 40; Grammar skor 30 dan lay out skor 30.

Untuk menyemangati peserta didik mengerjakan kegiatan home learning, setiap hasil yang dikirim diberi tanggapan dengan emoji/emoticon yang menarik, serta sesegera dikirim balik nilai/hasil dalam tabel ke WA group kelas.

Contoh karya peserta didik dapat dilihat dalam link berikut: https://gg.gg/Decriptive-Poster

#1001IdePINTARBelajarDirumah

#KendalCerdas

Penulis: Anton Tri Raharjo, guru Bahasa Inggris, SMP Negeri 1 Weleri, Kendal

2 thoughts on “Mendeskripsikan Social Distancing dan Membuat Poster “How to Prevent from Covid-19””

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *