Belajar Menjadi Ilustrator Cilik

Kendal – Hobi jika di pupuk sejak dini, besar kemungkinan hal itu bisa ditekuni menjadi profesi. Hal itulah yang coba dieksplorasi oleh Ibu Ulfatun Nadhifah, guru kelas IV SD Negeri 1 Cepiring, Kabupaten Kendal melalui kegiatan membuat gambar ilustrasi, mengidentifikasi beberapa tokoh dalam cerita pada sebuah buku, dan mengurutkan potongan cerita acak untuk merangkai sebuah cerita dengan runtut.

Kegiatan di mulai dengan mengajak peserta didik untuk mengidentifikasi karakter setiap tokoh cerita. Namun tidak selesai sampai disitu, peserta didik terlebih dahulu harus menggambarkan ilustrasi cerita pada sebuah buku gambar.

Dalam pembelajaran yang dilakukan oleh Bu Ulfa, peserta didik diberikan beberapa segmen cerita. Akan tetapi segmen cerita tersebut tidak berurutan. Mereka terlebih dahulu bertugas untuk mengurutkannya sehingga menjadi cerita yang padu.

Selesai mengurutkan cerita, kemudian peserta didik akan membuat ilustrasinya di sebuah buku gambar yang mereka miliki. Terakhir mereka percantik ilustrasi yang dibuat dengan berbagai warna yang mereka sukai.

Menurut Bu Ulfa, pembelajaran daring yang dilakukannya menarik dan bisa di buat game bersama orangtua. Selain itu, tujuan utamanya adalah supaya kebiasaan anak berliterasi dengan membaca teks fiksi yang biasa dilakukan di kelas bisa terasah walaupun berada di rumah. Harapannya setiap membaca buku, peserta didik akan mampu mengidentifikasi tokoh cerita dan merangkai cerita dengan urut.

Kegiatan belajar ini dibimbing melalui WhatsApp grup. Bila ada kendala yang ditemui, guru berupaya dengan maksimal membimbing termasuk dengan video conference.

Penilaian dalam pembelajaran tersebut yakni, pertama sikap: yang menjadi tolok ukur adalah, keaktifan peserta didik mengikuti pembelajaran jarak jauh. Kedua yakni penilaian formatif: patokannya adalah kemampuan peserta didik dalam menjawab pertanyaan. Ketiga keterampilan: merupakan penilaian dilihat dari hasil karya ilustrasi gambar peserta didik.

Tautan Skenario Pembelajaran dapat di unduh pada: https://gg.gg/Ilustrator_Cilik

#1001IdePINTARbelajardirumah

#KendalCerdas

Penulis: Ulfatun Nadhifah (Guru Kelas IV, SDN 1 Cepiring)

Reviewer: M. Haris Tarmidi

6 thoughts on “Belajar Menjadi Ilustrator Cilik”

  1. 정품 비아그라,비아그라구매,비아그라구입,처방전없이 초간편주문.합리적인가격.비아그라 퀵배송,비아그라온라인약국,시알리스.각종 발기부전치료제 판매 전문 온라인스토어 13년동안 단 1건도 가품판매에 관한 스캔들이 없는 믿을수 있는 스토어 입니다.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *