Puisi Warna Warni di Tengah Pandemi yang Mendera

Kendal – Seni merupakan salah satu alat untuk memperindah suasana hati. Dengannya hidup jadi lebih berwarna dan menggembirakan. Hal itulah yang coba dimaknai dalam pembelajaran yang dilakukan oleh Nur Zahroni, guru kelas VI SD Negeri 2 Patukangan.

Nur Zahroni menerapkan pembelajaran dalam jaringan (daring) kepada peserta didiknya berupa pembuatan puisi bertema corona. Bukan itu saja, puisi-puisi yang dibuat peserta didiknya diminta juga untuk dihias dengan gambar warna-warni bertema hal yang serupa. Jadilah keindahan puisi hasil karya siswa yang nampak sedap dipandang namun juga indah ketika dibacakan.

Lebih spesial lagi, pembelajaran tersebut dipandu dari rumah dengan menggunakan fasilitas Google Classroom. Ekspresi ketidaknyamanan akan pandemi corona seketika berubah di dalam kelas maya yang dikelola oleh Nur Zahroni karena penyematan ragam ekspresi gambar dari para siswanya.

“Seperti arahan dari Ibu Kepala Sekolah kami, Ninik Chaeroni bahwa untuk meningkatkan sistem imunitas peserta didik, salah satu caranya adalah dengan menggembirakan pembelajarannya. Hal itulah yang kami jadikan pedoman dalam memandu peserta didik, selama belajar dari rumah,” katanya.

Selain melalui Google Classroom sentuhan teknologi lainnya yang juga ada di kelas maya tersebut yakni pemantauan tugas yang diberikan melalui grup WA wali murid. “Koordinasi diperlukan agar terjadi sinkronisasi pengajaran antara sekolah dan orang tua siswa,” ujar Nur Zahroni.

Skenario pembelajaran dapat di unduh pada tautan: https://gg.gg/Puisi_Warna_Warni

#1001IdePINTARbelajardirumah

#KendalCerdas

Penulis: Ninik Chaeroni, S.Pd, M.Pd dan Nur Zahroni, S.Pd.

Reviewer: M. Haris Tarmidi, S.Pd.SD

13 thoughts on “Puisi Warna Warni di Tengah Pandemi yang Mendera”

  1. Pandemi Covid-19 bukanlah halangan untuk tetap kreatif dan berkarya. Justru sebaliknya, jadingan semangat untuk berinovasi menemukan cara baru untuk belajar dan maju.

  2. 👍👍👍
    Luar biasa
    Terima kasih atas bimbingan Ibu Kepala Sekolah Ibu Ninik dan Wali Kelas VI Ibu Oni SDN 2 Patukangan Kendal kepada anak² 🙏🙏

  3. Saya selaku murid ibu Nur Zahroni mengucapkan terima kasih karena mendidik saya dan teman-teman saya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *