Membuat Magnet Elektromagnetik

Kendal – Sekolah digebuk pandemi virus corona, sejak virus corona merebak ditanah air sekolah-sekolah memberlakukan pembelajaran jarak jauh. Hal tersebut dimaksudkan untuk menghambat penyebaran virus corona yang semakin menggila. sesuai dengan anjuran pemerintah juga untuk belajar dirumah, bekerja dari rumah dan beribadah dirumah.

Proses belajar mengajar yang tadinya berlangsung di kelas kini harus berpindah ke rumah masing-masing. Kendati demikian tidak mengurangi esensi belajar anak-anak. saat belajar dirumah tidak hanya pemberian tugas-tugas yang membebani anak saja melainkan tugas yang bermakna dan menyenangkan seperti pengamatan, percobaan atau pembiasaan hidup bersih dan sehat.

Sejalan dengan hal tersebut guru kelas 6 SDN 1 Karangsari Kendal, Normalia Eka Pratiwi menerapkan pembelajaran yang bermakna dan menyenangkan dalam pembelajaran jarak jauhnya. Pembelajaran yang dilakukan tidak membebani siswa dan orang tua, Salah satu pembelajaran yang dilakukan adalah membuat magnet elektromagnetik. Dengan bahan-bahan yang ada dirumah, siswa dapat melakukan percobaan membuat magnet.

Bahan yang digunakan dalam percobaan membuat magnet elektromagnetik adalah batu baterai, paku besi, kabel dan benda yang terbuat dari logam. Cara membuatnya lilitkan kabel kumparan pada paku besi, kupas kedua ujung kabel kumparan menggunakan gunting, hubungkan kedua ujung kutub positif dan kutub negativ pada baterai kemudian dekatkan paku-paku kecil atau benda yang terbuat dari logam dengan paku yang dililit kabel.

Normalia sebagai guru kelas 6 SDN 1 Karangsari yang juga fasilitator Tanoto Foundation mengatakan “Pembelajaran diawali dengan memberikan informasi melalui WAG, sebelum percobaan dimulai siswa diberi materi tentang magnet, setelah anak-anak membaca materi baru anak-anak mengerjakan Lembar Kerja yang tersedia dan menyepakati waktu pengumpulan tugas. Tugas yang dikumpulkan berupa foto, video dan laporan percobaan.”

“Tujuan dari pembelajaran ini bermaksud agar anak-anak dapat bekerja sama dengan orang tuanya mempraktikkan apa yang sudah didapat di sekolah dan supaya anak-anak tidak bosan selama belajar di rumah.” Tegas Normalia.

Kolaborasi anak dan orang tua diperlukan selama anak-anak belajar dirumah agar pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan.

Tautan Lembar Kerja dapat di unduh di: https://gg.gg/Magnet_Normalia

#1001IdePINTARbelajardirumah

#KendalCerdas

Penulis: Normalia Eka Pratiwi, S.Pd (Guru Kelas VI, SDN 1 Karangsari, Kendal)

Reviewer: M. Haris Tarmidi, S.Pd.

15 thoughts on “Membuat Magnet Elektromagnetik”

  1. Assalamualaikum ,,Dengan belajar online Di rumah ,disini orang tua juga ikut beroartisipasi Dalam memberikan dukungan untuk anak anak supaya mereka bisa tetap belajar secara maksimal.
    Saya pribadi sangat berterima kasih kepada Ibu Normalia selalu wali kelas 6 SD Karangsari 01 Kendal ,Yang dengan sangat memberikan waktunya agar anak anak Masih tetap mngejar pelajaran setiap hatinya .Yang utama mereka tidak merasa bosan Dan Masih ada aktivitas untuk mengisi kesenggangan .trima kasih atas dukungan nya untuk anak anak By Lia wasalamulaikum wr wb

  2. Assalamualaikum ,,Dengan belajar online Di rumah ,disini orang tua juga ikut beroartisipasi Dalam memberikan dukungan untuk anak anak supaya mereka bisa tetap belajar secara maksimal.
    Saya pribadi sangat berterima kasih kepada Ibu Normalia selaku wali kelas 6 SD Karangsari 01 Kendal ,Yang dengan sangat memberikan waktunya agar anak anak Masih tetap mngejar pelajaran setiap hatinya .Yang utama mereka tidak merasa bosan Dan Masih ada aktivitas untuk mengisi kesenggangan .trima kasih atas dukungan nya untuk anak anak By Lia wasalamulaikum wr wb

  3. I was very happy to find this net-site.I needed to thanks to your time for this wonderful read!! I definitely having fun with each little bit of it and I have you bookmarked to check out new stuff you weblog post.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *