Ketika Siswa SD Melawan Gravitasi

Kendal – Siapa bilang belajar daring membosankan? Pembelajaran daring akan sama menyenangkannya jika dalam penyajian materi divariasi dan disesuaikan dengan kondisi peserta didik. Kondisi yang mengharuskan peserta didik di rumah saja perlu dijadikan pertimbangan.

Ketika memberikan panduan belajar di rumah yang bermakna, guru hendaknya memperhatikan kemampuan dan fasilitas yang dimilik peserta didik. Jika guru merencanakan untuk membuat panduan belajar dengan mengajak peserta didik melakukan percobaan, maka peralatan yang dibutuhkan peserta didik hendaknya tersedia di rumah.

Salah satu kegiatan belajar jarak jauh yang dilakukan di kelas IV SD Negeri 2 Sukorejo mengenai tekanan. Hal ini merupakan salah satu alternatif pembelajaran bermakna dengan tetap mengacu pada kurikulum IPA kelas empat mengenai materi gaya.

Untuk melakukan percobaan ini, alat dan bahan yang diperlukan  cukup mudah ditemukan. Alat dan bahan itu adalah gelas bening, air, dan kertas tebal.

Cara melakukan percobaan diawali dengan mengisikan air sebanyak tiga perempat bagian gelas. Gelas tersebut ditutup dengan kartu/kertas tebal. Selanjutnya, gelas berisi air dan ditutup kertas tersebut dibalik sehingga kertas berada di bawah. Peserta didik mengamati yang terjadi. Ternyata air dalam gelas tidak tumpah.

Dari percobaan yang telah dilakukan, peserta didik membuat laporan percobaan. Laporan tersebut berisi alat dan bahan, cara kerja, serta kesimpulan dari percobaan yang telah dilakukan.

Percobaan ini merupakan salah satu contoh pembelajaran dengan model pembelajaran Discovery Learning. Sebelum melakukan percobaan secara utuh, banyak peserta didik yang bertanya, apakah nanti airnya tidak tumpah? Pertanyaan tersebut merupakan salah satu contoh hipotesis sederhana yang telah dilakukan. Hipotesis tersebut terjawab setelah mereka melakukan dan membuktikan dengan percobaan yang dilakukan.

Tautan Lembar Kerja dapat di akses: https://gg.gg/Diannita_Gravitasi

#1001IdePINTARbelajardirumah

#KendalCerdas

Penulis: Diannita Ayu Kurniasih, S.Pd.SD. (Guru Kelas IV, SDN 2 Sukorejo, Kendal)

Reviewer: M. Haris Tarmidi, S.Pd.SD

2 thoughts on “Ketika Siswa SD Melawan Gravitasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *