Belajar dengan Bigbook Melalui Daring

Kendal – Sesuai dengan  namanya, bigbook merupakan buku yang berukuran besar. Bukan hanya besar dalam ukuran bukunya, tetapi juga isinya. Gambar dan tulisan yang dituangkan dalam bigbook juga berukuran besar. Hal ini sesuai dengan fungsi penggunaan bigbook sebagai salah satu sumber belajar bagi siswa kelas awal sekolah dasar.

Pada pembelajaran jarak jauh melalui daring, guru juga dapat menggunakan bigbook. Dengan menerapkan fungsi utama bigbook sebagai media untuk membelajarkan cara membaca yang benar, guru dapat mengemasnya dengan menarik dan disesuaikan dengan kondisi saat ini.

Bigbook  yang digunakan melalui daring ini mengambil topik “Pencegahan Corona”. Hal ini sesuai dengan materi yang sedang banyak dibicarakan. Guru membuat bigbook mengenai berbagai cara pencegahan korona. Cara-cara tersebut diantaranya adalah cuci tangan menggunakan sabun, memakai masker, mengonsumsi makanan bergizi, rajin olahraga, mengonsumsi makanan yang benar-benar matang, dan hindari kontak dengan hewan.

Pembelajaran dilakukan dengan menayangkan video guru yang membacakan bigbook sambil menjelaskan cara membaca yang benar. Video dikirim melalui grup Whatsapp kelas dua. Guru juga memberikan pertanyaan mengenai pengalaman belajar menggunakan bigbook dan menceritakan kembali isi bigbook.

Selanjutnya guru memberikan tindak lanjut kepada siswa untuk membaca salah satu buku nonteks pelajaran yang ada di rumah. Guru juga meminta orang tua siswa mendampingi putra putri mereka membaca dengan benar. Guru juga meminta siswa mengirimkan video ketika mereka membaca. Hal ini dilakukan agar pembiasaan literasi tetap terlaksana.

Tautan Lembar Kerja Peserta Didik dapat di unduh pada: https://gg.gg/BigBook_Arin

#1001IdePINTARbelajardirumah

#KendalCerdas

Penulis: Diannita Ayu Kurniasih, S.Pd.SD. (Guru Kelas IV, SDN 2 Sukorejo)

Reviewer: M. Haris Tarmidi, S.Pd.SD

4 thoughts on “Belajar dengan Bigbook Melalui Daring”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *