Optimalisasi Program Sekolah Penggerak Angkatan 1 dan 2 Jenjang SMP Kabupaten Kendal

Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju.Oleh karena itu Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal berusaha untuk memberikan pelatihan kepada Kepala Sekolah dan Guru Sekolah Penggerak khususnya jenjang SMP dalam mengoptimalisasikan Program Sekolah Penggerak.

Kegiatan tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 November 2023 untuk PSP Angkatan 1 bertempat di SMPN 1 Patebon dan tanggal 7 November untuk Angkatan 2 bertempat di SMP IT Robbani Kendal.
Narasumber Dari Fasilitator Program Sekolah Penggerak (PSP):

  1. Bapak Muhitul Hmam , S.Pd, M.Si, M.Pd
  2. Drs. Suyoko, M.Par

Materi yang disampaikan adalah:

  1. Refleksi Memahami Capaian Pembelajaran
  2. Penulisan Makalah Best Practise
  3. Peningkatan Literasi dan Numerasi Peserta Didik Dalam mengoptimalkan Sekolah Penggerak ini ada bebrapa hal yang harus menjadi perhatian bagi Sekolah Penggerak antara lain :
  4. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila kedepan diarahkan pada pengembangan karakter peserta didik, bukan terfokus pada produk atau hasil;
  5. Meningkatkan efektifitas kelompok belajar untuk meningkatkan pemahaman terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka;
  6. Sekolah Penggerak untuk bisa lebih meningkatkan pengimbasan ke sekolah lain.

Keseriusan Peserta PSP Angkatan 1 Jenjang SMP

Keseriusan Peserta PSP Angkatan 2 Jenjang SMP Kami berharap Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Kendal khususnya jenjang SMP bisa mewujudkan visi pendidikan Indonesia yaitu dalam upaya untuk mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila.

By : Ike Rindang Wulan

%d blogger menyukai ini: